Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 1 No. 10 (2024): Desember 2024

Tinjauan Literatur Tentang Penerapan Pedagogi Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa

Nurdin Nurdin (Unknown)
Oktaviana, Kezia (Unknown)
Putri, Indrylla Novanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Kreativitas adalah keterampilan penting dalam pendidikan modern untuk mempersiapkan siswa menghadapi dunia yang dinamis. Project Based Learning (PBL) diakui efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa melalui keterlibatan aktif dalam proyek nyata yang mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kolaboratif, dan inovatif. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) untuk menganalisis penerapan PBL di tingkat pendidikan dasar dan menengah. Hasilnya menunjukkan bahwa PBL meningkatkan kreativitas dan keterlibatan emosional siswa, namun menghadapi tantangan seperti keterbatasan waktu, keterampilan guru, dan sumber daya. Direkomendasikan agar pendidik menyesuaikan PBL dengan kebutuhan siswa, memberikan pelatihan guru, dan menciptakan lingkungan yang mendukung kolaborasi. Langkah ini diharapkan dapat menjadikan siswa lebih kreatif, adaptif, dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...