Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persfektif agama Islam berdasarkan Al-quran dan Hadist dalam menjelaskan tentang etika bisnis. Al- quran sangat memperhatikan etika dalam berbisnis. Penduduk Madinah adalah orang-orang yang sering berbuat curang dalam menakar dan menimbang, maka Allah SWT menurunkan surat al-Mutaffifin sebagai ancaman bagi orang-orang yang berbuat curang dalam berbisnis. Siddiqi sangat erat kaitannya dengan etika bisnis. Siddiqi etika bisnis modern sering dipahami dengan kata “integritas”. Integritas merupakan prinsip yang hakiki dalam berbisnis. Integritas sendiri merupakan salah satu cara menegakkan nilai dan etika berbisnis. Nilai dan etika dalam berbisnis jelas memiliki kontribusi yang besar dalam berbisnis. Integritas dalam berbisnis sendiri harus ditanamkan kepada seseorang yang ingin menjalankan bisnis atau sedang menjalankan bisnis. Para pelaku bisnis harus menjadikan integritas ini sebagai prinsip dasar dalam berbisnis. Siddiqi (integritas, kejujuran) diartikan sebagai dasar ucapan, keyakinan, dan tindakan yang berdasarkan pada ajaran Islam. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hakikat Siddiqi masih sangat relevan dengan etika bisnis modern, atau dalam bahasa lain hakikat Siddiqi etika bisnis universal artinya tidak mengenal nilai-nilai dasar yang melatar belakangi etika.
Copyrights © 2024