Penelitian ini menganalisis pelaksanaan pemasaran jasa pendidikan di SMP Negeri 4 Tanjung Lubuk, dengan fokus pada koordinasi, motivasi, komunikasi, dan pengarahan. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dengan informan kepala sekolah, guru, dan staf administrasi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pemasaran telah dilaksanakan dengan baik melalui koordinasi yang efektif dalam identifikasi pasar, diferensiasi produk, serta komunikasi dan pelayanan. Motivasi yang diberikan turut mendukung pemasaran, sementara komunikasi pemasaran yang jelas dan pengarahan yang tepat meningkatkan kualitas pemasaran. Faktor pendukung meliputi lokasi strategis dan reputasi sekolah yang dikenal. Namun, tantangan muncul dari terbatasnya jaringan untuk memperluas pemasaran. Penelitian ini memberikan gambaran strategi dan tantangan dalam pemasaran jasa pendidikan di SMP Negeri 4 Tanjung Lubuk.
Copyrights © 2025