Pelaksanaan proses pembelajaran di Sekolah Dasar tidak terlepas dari berbagai permasalahan diantaranya yaitu keaftifan belajar peserta didik. Maka dalam pembelajaran maslaah keaktifan belajar harus menjadi faktor utama untuk segera diatasi dan diselesaikan agar proses pembelajaran yang diberikan oleh guru dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan diri peserta didik khususnya dalam mengaktifkan mereka selama proses pembelajaran berlangsung. Permasalahan keaftifan belajar muncul pada siswa kelas IV MI Raudlatul Muta’alimin, sehingga dilakukan penelitian untuk menganalisis keaktifan belajar peserta didik menggunakan model Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV. Data penelitian dilakukan melalui wawancara dan angket keaktifan belajar peserta didik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa guru menerapkan model Numbered Head Together (NHT) mampu menumbuhkan keaktifan belajar peserta didik diantaranya mereka sudah memiliki inisiatif belajar dan juga bertanya, motivasi belajar yang tinggi, menyiapkan kebutuhan, memiliki rasa ingin tahu, mencari sumber lain ketika tidak mengerti pada materi yang diberikan oleh guru, memiliki stratego belajar, serta mengevaluasi hasil belajarnya.
Copyrights © 2023