Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca intensif siswa menggunakan model pembelajaran word square yang dapat meningkatkan pemahaman pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Sukolilo pada materi Teks Non Fiksi. Rancangan penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian kualitatif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A Madrasah Ibtidaiyah Sukolilo, yang berjumlah 31 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca intensif siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Sukolilo pada materi Teks Non Fiksi setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran word square dalam dua pertemuan, dimana perolehan nilai rata-rata individu pada pertemuan I adalah 73,28% dan mengalami peningkatan pada pertemuan II 77,73%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran word square dapat membuat siswa aktif dan bersemangat dalam belajar sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Sukolilo pada materi Teks Non Fiksi.
Copyrights © 2024