CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Vol 8, No 2 (2024)

LITERATURE REVIEW: INOVASI PEMBELAJARAN KIMIA BERWAWASAN LINGKUNGAN MELALUI PENDEKATAN GREEN CHEMISTRY

Aliah, Nur (Unknown)
Wati, Della Syaras (Unknown)
Nurfitriani, Ditalia (Unknown)
Olii, Nova Yunita Putri (Unknown)
Sukemi, Sukemi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2024

Abstract

Green Chemistry merupakan sebuah konsep yang mengangkat permasalahan terkait dampak lingkungan untuk mengurangi penggunaan bahan berbahaya dengan menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan. Pendidikan mempunyai peranan penting sebagai sarana dan prasarana penyaluran green chemistry untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah Narrative Literature Review (NLR) dengan mencari artikel jurnal melalui database Google Scholar selama 10 tahun terakhir. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa pendekatan green chemistry sebagai inovasi bidang pendidikan mempunyai pengaruh besar terhadap peningkatan pengalaman belajar, penguasaan konsep, motivasi dan hasil belajar siswa serta peningkatan kepedulian terhadap lingkungan. Misalnya saja penggunaan bahan alami terbarukan dibandingkan bahan kimia sintetik di laboratorium. Berbagai fasilitas atau bahan ajar digunakan seperti buku atau e-book, e-modul, dan lembar kerja siswa yang menarik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

CHEDS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology

Description

Journal of Chemistry Education and Science (CHEDS) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Islam Sumatera Utara secara berkala pada bulan Juni dan Desember pada setiap tahunnya. Jurnal ilmiah ini berisi hasil pemikiran, ide, dan gagasan dari penelitian ...