CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Vol 7, No 2 (2023)

Pengembangan e-Modul Berbasis Project Based LearPENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI ASAM BASA UNTUK SMA KELAS XI ning Pada Materi Asam Basa untuk SMA kelas XI

Nurfajriani Nurfajriani (Universitas Negeri Medan)
Muhammad Farhansyah (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran proyek berbasis pada materi asam dan basa untuk kelas XI SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan, dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Yaitu validator ahli media dan validator ahli materi. Objek penelitian pengembangan ini adalah e-modul berbasis project based learning pada materi asam basa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket. Penelitian ini diuji oleh ahli materi dan media. Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase rata-rata sebesar 89,18% dengan kategori layak digunakan, sedangkan hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 93,75% dengan kategori layak digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis Project-Based Learning pada materi Asam dan Basa untuk kelas XI SMA dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

CHEDS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology

Description

Journal of Chemistry Education and Science (CHEDS) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Islam Sumatera Utara secara berkala pada bulan Juni dan Desember pada setiap tahunnya. Jurnal ilmiah ini berisi hasil pemikiran, ide, dan gagasan dari penelitian ...