Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran proyek berbasis pada materi asam dan basa untuk kelas XI SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan, dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Yaitu validator ahli media dan validator ahli materi. Objek penelitian pengembangan ini adalah e-modul berbasis project based learning pada materi asam basa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket. Penelitian ini diuji oleh ahli materi dan media. Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase rata-rata sebesar 89,18% dengan kategori layak digunakan, sedangkan hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 93,75% dengan kategori layak digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis Project-Based Learning pada materi Asam dan Basa untuk kelas XI SMA dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2023