Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV di SD Inpres BTN IKIP I pada mata pelajaran matematika. Pada mata pelajaran matematika dari 27 peserta didik hanya 11 peserta didik yang mencapai KKTP diatas nilai minimal 68 dengan persentase 40%. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTK kolaboratif antara mahasiswa, guru pamong dan dosen pembimbing lapangan). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Sebagai pemecahan atas permasalahan tersebut, peneliti menggunakan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Dari hasil penelitan dan pembahasan diperoleh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning memberikan respon positif terhadap proses pembelajaran dan dapat meningkatkan aktivitas guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran, serta juga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siklus I yang mencapai nilai KKTP diatas nilai 68 hanya 18 peserta didik dengan presentase sebanyak 66%. Kemudian pada siklus II peserta didik yang mencapai nilai KKTP diatas nilai 68 sebanyak 24 peserta didik dengan peresentase sebanyak 88%.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerepan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajat Matematika siswa kelas IV di UPT SPF SD Inpres BTN IKIP I.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024