Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 2, No 1 (2022): Maret

Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 148 Walanga Melalui Media Pawerpoint

Andi Perawati (SD NEGERI 148 WALANGA)
Widya Karmila Sari Achmad (Universitas Negeri Makassar)
Juliadi Juliadi (SD Inpres BTN IKIP I)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pembelajaran daring pada siswa kelas 1 SD Negeri 148 Walanga melalui media power point. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya  adalah siswa kelas 1 SD Negeri 148 Walanga  yang berjumlah 18 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan statistik deskripstif  kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari ketuntaasan KKM siswa pra tindakan dan setiap siklus yaitu pada pra tindakan sebesar 66,67%. Pada siklus 1 33,33% dan siklus 2 27,78%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari para tindakan sebesar 65, siklus 1 72,22 dan siklus 2 sebesar 82,78. Begitu juga motivasi siswa dari siklus 1 juga mengalami kenaikan pada siklus 2. Dari rata-rata siklus 1 sebesar 76,5 kategori cukup pada siklus 2 sebesar 87 kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring menggunakan media power point dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.Kata Kunci: Motivasi; Hasil Belajar; Pembelajaran Daring; Powerpoint.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...