Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IVB di UPT SPF SD Inpres Rappokalling 2. Dalam penelitiannya dinyatakan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan belajar klasikal (kognitif) pada materi perubahan wujud benda yang cukup signifikan antara kondisi awal (27,8%), siklus I (66,7%), dan siklus II (83,3%). Peningkatan hasil belajar juga didukung dengan peningkatan pengelolaan pembelajaran guru melalui penerapan model Project Based Learning mengalami peningkatan dari skor rata-rata siklus I 79,1% (baik) menjadi 89,5% (sangat baik) pada siklus II. Sedangkan hasil belajar (afektif dan psikomotor) juga mengalami peningkatan skor rata-rata siklus I 77% (baik) menjadi 88,25% (sangat baik) pada siklus II.
Copyrights © 2024