Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2023): Juli

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Inpres Kompleks BTN IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Anugrah Putri Utami (Universitas Negeri Makassar)
Latri Latri (PGSD Universitas Negeri Makassar)
Erwina Pranesti Indria (SD Inpres BTN Ikip 1)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2023

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Kompleks BTN IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Gambaran penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran matematika pada siswa. (2) Gambaran hasil belajar matematika pada siswa. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika pada siswa. di Kelas V SD Inpres Kompleks BTN IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah quasi experimen design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 92 orang siswa. Adapun sampel penelitian ini siswa kelas VA dan VB sebanyak 62 orang dengan menggunakan metode probability sampling dengan jenis teknik cluster random sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data berupa nilai dari raport siswa yang dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial  menggunakan uji t (parsial), uji koefisien korelasi (R), dan uji koefisien determinasi (R2). Berdasarkan  hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah di kelas V SD Inpres Kompleks BTN IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar memberikan pengaruh positif terbukti dengan hasil pengamatan yang telah dilakukan pada setiap pertemuan mengalami peningkatan dari kategori efektif menjadi sangat efektif. 2) Hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah lebih meningkat dibandingkan hasil belajar matematika siswa sebelum diterapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar matematika dari kategori sangat kurang meningkat ke kategori cukup. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar siswa di SD Inpres Kompleks BTN IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar pada pembelajaran matematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...