Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4, No 3 (2024): November

Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Nuraini Nuraini (Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar)
Hotimah Hotimah (Universitas Negeri Makassar)
Nurhayani Saade (UPT SD Negeri 5 Baranti)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 18 siswa yang memiliki minat belajar yang rendah. Minat belajar dan pemahaman yang rendah menyebabkan rendahnya hasil belajar pula. Didapatkan rata-rata hasil belajar 18 siswa belum mencapai nilai SKBM. Adapun SKBM yang ditetapkan yaitu 75. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini digunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri empat kegiatan yaitu kondensasi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil pembelajaran siklus I menunjukkan bahwa indikator keberhasilan mencapai kategori cukup namun pada siklus II hasil pembelajaran telah meningkat dan mencapai kategori baik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas III UPT SD Negeri 5 Baranti.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...