Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 1, No 2 (2021): Juli

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengembangkan Kepedulian Sosial Siswa Kelas IV SD

Herdiana AT (UPT SD Negeri 91 Uloe)
Erma Suryani Sahabuddin (Universitas Negeri Makassar)
Fatmawaty Fatmawaty (SD BTN Pemda)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2022

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya sikap peduli sosial siswa kelas. Tujuan Penelitian Penelitian Tindakan Kelas ini adalah mendeskripsikan penerapan Model pembelajaran berbasis masalah dalam mengembangkan sikap peduli sosial siswa Kelas IV. Fokus penelitian ini yaitu siswa kelas  IV  UPT SD Negeri 91 Uloe pada semester genap 2020/2021 yang berjumlah 13 orang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan sikap peduli sosial siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui teknik obeservasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil dari peneltian tersebut hasil observasi aktivitas belajar  siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik sehingga berpengaruh pada peningkatan sikap peduli sosial siswa yang pada siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus II berada pada kategori baik.Kata Kunci: Social Care; Learning Model; Problem-Based.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...