Tujuan dari penelitian ini adalah adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir Kritis siswa kelas V SD Negeri 151 Barru pada tema ekosistem sub tema komponen ekosistem melalui model pembelajaran problem based learning (PBL).Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi perencanaan,pelaksanaan,observasi,dan refleksi.Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah problem based learning dan kemampuan berpikir Kritis Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 151 Barru. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dengan persentase kemampuan berpikir kreatif dari siklus I mencapai 69,37 % dan meningkat di siklus II dengan persentase 84,37 %. ,Dan di siklus III Meningkat menjadi 89,37%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2023