Permasalahan dalam penelitan ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri Romang Rappoa Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana taip siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegatan meliputi perencanaan, pelaksanan, observasi dan refleksi. Adapun subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Romang Rappoa Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dukumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang tuntas secara individual dari 20 siswa hanya 11 siswa atau 55% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau berada pada kategori sangat rendah. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dimana dari 20 siswa terdapat 18 siswa atau 90% telah memenuhi KKM. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dikelas IV SD Negeri Romang Rappoa Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa.
Copyrights © 2024