Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan metode TPR, untuk mengetahui bagaimana gambaran hasil keterampilan menyimak menggunakan metode TPR, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran TPR terhadap keterampilan menyimak pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V di SDN 35 Tajuncu Kecamatan Donri-donri Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 35 Tajuncu Kecamatan Donri-donri Kabupaten soppeng. Sampel berjumlah 31 siswa, kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu dengan analisis satistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif dan inferensial tersebut di atas menunjukkan bahwa keterampilan hasil menyimak cerita siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah diberikan perlakuan. Terlihat pada nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yang lebih tinggi dari nilai rata-rata posttest kelas control yang tidak diberi perlakuan. Terdapat pengaruh yang cukup besar terhadap penerapan metode TPR.
Copyrights © 2024