Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 2, No 2 (2022): Juli

Penggunaan Metode Praktek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV

Kartika Dwi Astuti (SD Negeri 005 Waru)
Widya Karmila Sari Achmad (Universitas Negeri Makassar)
Abdul Rahim (UPT SPF SD Inpres Maccini Sombala)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya hasil belajar siswa di SDN 005 Waru. Ada 15 siswa dari 20 siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM (70). Adanya permasalahan tersebut, maka diadakan suatu upaya untuk meningkatkan pembelajaran agar hasil belajar siswa dapat meningkat melalui penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar Hasil penelitian mengalami peningkatan persentase hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang mencapai KKM pada siklus I dan II meningkat. Guru sebaiknya menggunakan metode praktik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar; Siswa Sekolah Dasar; Metode Praktis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...