Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 2, No 2 (2022): Juli

Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Desilia Dwi Andini (SDN 3 Wanadri)
Widya Karmila Sari Achmad (Universitas Negeri Makassar)
Irfan Mus (UPT SPF SDN Percontohan PAM Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik dalam muatan pelajaran IPA materi rangkaian listrik. Hal ini dibuktikan dengan ketercapaian hasil belajar peserta didik 54 % dari 11 peserta didik belum mencapai nilai ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 70. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah : (1) mengetahui proses pembelajaran IPA dengan model Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah), untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terkait dengan materi rangkaian listrik (2) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VI SD Negeri 3 Wanadri terkait dengan materi rangkaian listrik dengan model Problem Based Learning. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD Negeri  3 Wanadri yang terdiri dari 11 orang peserta didik. Hasil penelitian menggunakan metode Problem Based Learning menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik juga menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, yang dilaksanakan dengan dua siklus. Pada siklus pertama nilai rata-rata peserta didik mencapai 76 atau sebanyak 63% peserta didik mencapai nilai ketuntasan yang diterapkan. Dan pada siklus 2 mengalami peningkatan kembali yaitu nilai rata-rata yang diperoleh adalah 85 atau 81% peserta didik mencapai ketuntasan minimal.Teknik dan analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar peserta didik yang berasal dari hasil tes tertulis dan hasil produk dalam pembelajaran IPA materi rangkaian listrik. Sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi keterampilan guru dan aktivitas peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi rangkaian listrik. Kata Kunci: Problem Based Learnin; Hasil Belaja; IPA.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...