Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 1, No 3 (2021): November

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar

Dwi Yuniati (SD Negeri Purwodadi 02 Patimuan)
Widya Karmila Sari Achmad (Universitas Negeri Makassar)
Irfan Mus (UPT SPF SD Negeri Percontohan PAM Makassar)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini berdasarkan hasil obsevasi di SD Negeri Purwodadi 02 Patimuan. Masalah yang ditemukan adalah rendahnya keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada Tema 3 Sub Tema 1 Pembelajaran 1. Nilai yang yang diperoleh peserta didik yang mencapai  kriteria ketuntasan minimal adalah 50%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Purwodadi 02 Patimuan yang terdiri dari 12 anak. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil observasi dan nilai tes dalam pembelajaran menunjukan peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata peserta didik 9 dari 12 anak atau 75% peserta didik sudah mencapai nilai ketuntasan minimal. Pada siklus II  nilai rata-rata peserta didik 11 dari 12 anak atau 91,6% sudah mencapai nilai ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Keywords: Problem Based Learning; Keaktifan; Hasil Belajar. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...