Media pembelajaran dengan internet yang dapat digunakan untuk keperluan pembelajaran yaitu website. Penggunaan media pembelajaran berbasis website diharapkan dapat membantu meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa terhadap kelompok mata pelajaran-pelajaran yang dianggap sulit salah satunya pelajaran kimia yang konsepnya abstrak dan pembelajarannya monoton. Tujuan dari penelitian ini adaah untuk mengetahui efektifitas website untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran kimia. Metode yang digunakan dalam penyusunan karya ilmiah ini adalah metode Systematic Literature Review dan metode PRISMA, yang menekankan pada pengumpulan data dari sumber pustaka dengan mencari referensi teori yang relevan dengan kasus dengan media pembelajaran berbasis website, dan peningkatan minat peserta didik dalam pembelajaran kimia dengan menggunakan website. Dalam analisis data, peneliti menggunakan teknik analisis isi. Teknik ini melibatkan proses mengkategorikan,dan menganalisis informasi yang relevan. Dengan penggunaan media pembelajaran berbasis website tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran, tetapi juga menjadi sumber belajar yang efektif, dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa, terutama dalam mata pelajaran yang dianggap sulit seperti kimia. Keunggulan website yaitu elegan, keragaman materi, interaktivitas yang membantu siswa memperoleh keterampilan belajar, menyediakan akses yang luas ke materi pembelajaran, sehingga dapat mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konsep-konsep abstrak.
Copyrights © 2023