Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis mengenai penggunaan model Computational Inquiry based Teaching (CIbT) yang memberikan pengaruh terhadap pengetahuan prosedural siswa dengan berbantukan media laboratorium virtual. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Waktu penelitian pada bulan Mei 2023. Sampel penelitian ini yaitu sebagian siswa kelas 10, 11, dan 12 IPA serta masing-masing satu guru biologi di kedua sekolah yaitu salah satu SMA Negeri di Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Lebak. Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner, disimpulkan bahwa suatu model pembelajaran diperlukan untuk memfasilitasi dimensi pengetahuan siswa terutama pengetahuan prosedural melalui aktivitas praktikum. Salah satunya dengan menerapkan model CIbT dikarenakan salah satu tahapan model tersebut terdapat investigasi. Hasil penyebaran kuesioner terhadap siswa diperoleh informasi bahwa kegiatan praktikum di laboratorium belum terlaksana secara maksimal dan sebagian siswa belum mengetahui mengenai laboratorium virtual. Oleh karena itu, penggunaan model CIbT berbantukan media laboratorium virtual perlu dilaksanakan dalam meningkatkan pengetahuan prosedural siswa.
Copyrights © 2024