Proses penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ke dalam bentuk modul ajar dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah masih menimbulkan banyak kendala di lapangan. Kendala ini juga dirasakan oleh mahasiswa calon guru ketika menjalani praktik mengajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang muncul sehubungan dengan pengembangan modul ajar dengan mengoptimalkan metode self dan peer assessment bagi mahasiswa calon guru fisika. Penelitian ini melibatkan seluruh mahasiswa pendidikan fisika dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang mengikuti program Asistensi Mengajar pada tahun 2023. Data penelitian diambil dari portofolio modul ajar yang dibuat oleh mahasiswa selama pelaksanaan asistensi mengajar, termasuk hasil karya mereka setelah menerapkan self dan peer assessment. Hasil analisis menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan mahasiswa merancang modul ajar, dengan rata-rata awal sebesar 62,0 meningkat menjadi 82,8. Jika dinyatakan dalam gain score, peningkatannya adalah sebesar 0,52 (berkategori sedang). Penelitian ini memberikan kontribusi dalam upaya terus-menerus untuk menyempurnakan implementasi Kurikulum Merdeka dan meningkatkan keterampilan pedagogis para calon pendidik Fisika, serta memberikan kontribusi berharga dalam bidang pendidikan. Kata kunci: Mahasiswa Calon Guru Fisika, Modul Ajar, Penilaian Diri dan Sejawat. Simplifying the Lesson Plans into Teaching Modules within implementing the Merdeka Curriculum in schools continues to encounter various challenges. Student teachers also experience these challenges during their teaching practice. This research aims to address the issues arising from the development of teaching modules by optimizing the methods of self and peer assessment for prospective Physics teachers. The study involves all Physics Education students from Universitas Lambung Mangkurat (ULM) participating in the Teaching Assistance program in 2023. Research data is derived from teaching module portfolios created by students during the teaching assistance period, including their work after implementing self and peer assessment. The analysis reveals a significant improvement in students' ability to design teaching modules, with an initial average score of 62.0, increasing to 82.8. Expressed as a gain score, this represents an improvement of 0.52 (categorized as moderate). This research contributes to the ongoing efforts to refine the implementation of the Merdeka Curriculum and enhance the pedagogical skills of future Physics educators, providing valuable insights into the field of education. Keywords: Physics Teacher Candidates, Teaching Module, Self and Peer Assessment.
Copyrights © 2024