Arus Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 4 No 3: Desember (2024)

Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Eli, Kadek (Unknown)
Widodo, Kiki Lieoni (Unknown)
Azahra, Niken (Unknown)
Supriyadi (Unknown)
Hermawan, Jody Setya (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengkaji pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri 4 Metro Selatan pada tahun ajaran 2024/2025. Desain penelitian memakai metode eksperimen one-group pretest-posttest tanpa kelompok kontrol, yang melibatkan 10 siswa sebagai sampel. Instrumen pengumpulan data berupa tes lisan, observasi, dan wawancara. Pretest dilaksanakan guna mengukur kemampuan awal siswa sebelum perlakuan, diikuti dengan penerapan media audio visual selama aktivitas pembelajaran, dan posttest dilakukan untuk mengukur perubahan kemampuan setelah perlakuan. Hasil perhitungan memakai Uji Wilcoxon memperlihatkan nilai Whitung = 3, yang lebih kecil dari Wtabel = 8 pada taraf signifikansi 0,05. Ini memperlihatkan peningkatan secara signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan siswa setelah penggunaan media audio visua. Disarankan agar guru mempertimbangkan pengimplikasian media audio-visual guna meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa di pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ajsh

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Arus Jurnal Sosial dan Humaniora (AJSH) menerbitkan karya hasil penelitian dan kajian ilmiah pada ruang lingkup ilmu sosial dan ilmu humaniora diantaranya: antropologi, kajian bisnis, kajian komunikasi, tata kelola perusahaan, kriminologi, kajian lintas budaya, demografi, kajian ekonomi pembangunan, ...