Arus Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 4 No 3: Desember (2024)

Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Kelas V Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Permainan Edukatif

ma'rifatul zannah (universitas primagraha)
Ika Evitasari Aris Fadliansyah (Universitas Primagraha)
Fauzi Fadliansyah (Universitas Primagraha)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Lingkungan yang tidak mendukung diskusi aktif atau kolaborasi dapat membatasi kesempatan siswa untuk berlatih komunikasi matematis. Hal ini dapat menghambat kemampuan mereka untuk berpikir jernih dan mengkomunikasikan ide serta menjadi satu dari banyaknya permasalahan yang sering dihadapi dalam pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan komunikasi mataematis siswa. Model pembelajaran contextual Teaching and Learning dipadukan bersama permaina edukatif menjadi strategi efektif untuk meningkatkan motivsi dan pemahaman siswa sehingga menciptakan lingkungan belajar yang dinamis, interaktif dan bermakna bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan permainan edukatif terhadap kemampuan komunikasi matematis. Metode yang diterapkan pada penelitian yang akan dilakukan ialah Quasi Experimental Design Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SDN Sanding 2 Kecamatan Petir Kabupaten Serang, dengan siswa kelas V dari SDN Sanding 2 di Kecamatan Petir, Kabupaten Serang Tahun Ajaran 2024-2025, menjadi sampel dalam penelitian ini. Data penelitian diperoleh dari pretest-posttest, observasi juga wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji t independen sampel t-test dan uji n gain. Hasil penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan permainan edukatif memberikan pengaruh yang signifikan kepada kemampuan komuniukasi matematis siswa, hal ini ditunjukan oleh hasil perhitungan uji-t, yang dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000, < 0.05, dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol 61,20, sedangkan rata-rata kelas eksperimen adalah 83,00

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ajsh

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Arus Jurnal Sosial dan Humaniora (AJSH) menerbitkan karya hasil penelitian dan kajian ilmiah pada ruang lingkup ilmu sosial dan ilmu humaniora diantaranya: antropologi, kajian bisnis, kajian komunikasi, tata kelola perusahaan, kriminologi, kajian lintas budaya, demografi, kajian ekonomi pembangunan, ...