Journal Of Human And Education (JAHE)
Vol. 4 No. 6 (2024): Journal of Human And Education (JAHE)

Optimalisasi Efisiensi Bisnis : Penerapan Strategi Pemasaran Digital pada UMKM AutoPrint untuk Meningkatkan Daya Saing Skala Global

Phang, Selina (Unknown)
Anggraini, Ratih (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2024

Abstract

Peningkatan daya saing skala global dengan memanfaatkan pemasaran secara digital penting sekali bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bersaing secara efektif di pasar yang sangat kompetitif. Artikel ini membahas penerapan strategi pemasaran digital dengan memanfaatkan media sosial pada UMKM AutoPrint, sebuah usaha yang bergerak dibidang penjualan tinta printer refill yang berlokasi di jalan sungai panas komplek nusa jaya no 18 kota Batam, kepulauan riau, Indonesia. Metode penerapan pemasaran digital dengan media sosial meliputi analisis kebutuhan aplikasi, pengambilan foto produk, pembuatan media sosial dengan instagram dan facebook, serta pengujian maupun evaluasi. Hasilnya adalah implementasi media sosial yang mampu meningkatkan efisiensi pemasaran secara global, peningkatan penjualan dan mampu menjangkau pelanggan secara global. Dengan penggunaan media sosial instagram dan facebook ini, UMKM AutoPrint dapat meningkatkan efisiensi pemasaran selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu tanpa henti, dapat meningkatkan valume penjualan dan dapat melayani kebutuhan pelanggan secara global yang pada gilirannya dapat meningkatkan daya saing serta pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jahe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Journal of Human And Education (JAHE) merupakan wadah penerbitan naskah ilmiah terbaik mengenai kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Naskah ini diharapkan dapat memuat berbagai kegiatan dalam menghadapi dan mengelola berbagai potensi, hambatan, tantangan dan permasalahan yang ada di masyarakat ...