Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 3 (2023): Volume 09 No. 03 Juli 2023

PENGAMBANGAN VIDEO ANIMASI KINEMASTER PADA PEMBEAJARAN BAHASA INDONESIA

Andriani (Universitas PGRI Palembang)
Endie Riyoko (Unknown)
Masnunah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, SD Negeri 89 Palembang yaitu nilai siswa masih tergolong rendah dan guru masih menggunakan media video yang monoton terutama pada pembelajaran bahasa Indonesia pada materi cerita fiksi sehingga siswa mudah jenuh ataupun bosan saat memperhatikan pembelajaran dikelas.Tujuan dalam pengembangan video animasi KineMaster yaitu agar memudahkan siswa saat memahami pembelajaran. RND adalah metode yang digunakan peneliti yaitu menemukan pengetahuan yang praktis dan dapat diaplikasikan dalam penelitian, penelitian ini menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development , Implementation, Evaluation. Hasil uji coba small group dengan memperoleh skor presentase kepraktisan 93,9% dengan kreteria “Sangat Kuat” dan memperoleh skor presentase keefesienan 95,5% dengan kreteria “Sangat Efektif. Untuk hasil uji coba large group atau kelompok besar memperoleh skor kepraktisan 92,5% dengan kreteria “Sangat Kuat” dan memperoleh presentase keefesienan 90,9% dengan kreteria “Sangat Efektif”. Sehingga pihak sekolah dan guru dapat menggunakan media video animasi KineMaster dalam proses pembelajaraan. Video animasi KineMaster dapat dinyatakan valid, praktis, dan efesien.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...