Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, SD Negeri 89 Palembang yaitu nilai siswa masih tergolong rendah dan guru masih menggunakan media video yang monoton terutama pada pembelajaran bahasa Indonesia pada materi cerita fiksi sehingga siswa mudah jenuh ataupun bosan saat memperhatikan pembelajaran dikelas.Tujuan dalam pengembangan video animasi KineMaster yaitu agar memudahkan siswa saat memahami pembelajaran. RND adalah metode yang digunakan peneliti yaitu menemukan pengetahuan yang praktis dan dapat diaplikasikan dalam penelitian, penelitian ini menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development , Implementation, Evaluation. Hasil uji coba small group dengan memperoleh skor presentase kepraktisan 93,9% dengan kreteria “Sangat Kuat” dan memperoleh skor presentase keefesienan 95,5% dengan kreteria “Sangat Efektif. Untuk hasil uji coba large group atau kelompok besar memperoleh skor kepraktisan 92,5% dengan kreteria “Sangat Kuat” dan memperoleh presentase keefesienan 90,9% dengan kreteria “Sangat Efektif”. Sehingga pihak sekolah dan guru dapat menggunakan media video animasi KineMaster dalam proses pembelajaraan. Video animasi KineMaster dapat dinyatakan valid, praktis, dan efesien.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023