ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model problem based learning berbantu media m-math untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik sekolah dasar pada mata pelajaran matematika materi Volume Bangun Ruang (Kubus) berkaitan dengan Bilangan Pangkat Tiga dan Akar Pangkat Tiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 06 Kajen dan siswa kelas V SD Negeri 01 Pekiringanalit. Penelitian ini menggunakan metode total sampling. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 06 Kajen sebagai kelas eksperimen dan seluruh siswa kelas V SD Negeri 01 Pekiringanalit sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari lembar angket kemampuan berpikir kritis, lembar tes kemampuan berpikir kreatif. Analisis data menggunakan: (1) uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, (2) uji hipotesis yang terdiri dari uji statistik one sample t-test, uji statistik multivariate analisis varian (Manova), dan uji statistik independent t-test. Pada uji statistik one sample t-test diperoleh signifikansi dari nilai postes kedua kelas sampel adalah 0,000 < 0,05, berarti terdapat perbedaan ketuntasan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Pada uji Manova nilai F = 19,957 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh signifikan penggunaan model problem based learning berbantu media m-math terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Pada uji independent t-test diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan prestasi belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran problem based learning berbantu media m-math efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Kata Kunci : PBL, Kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif
Copyrights © 2023