ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media PETA DARA untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Media PETA DARA merupakan media pembelajaran yang menggunakan permainan sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar. Hasil belajar adalah ukuran atau tingkatan keberhasilan seseorang dalam mempelajari sesuatu. Penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan desain one group pre-test dan post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SDN Sarirejo Semarang. Media PETA DARA digunakan pada tema kepemimpinan pada materi nilai-nilai keadilan dan ciri- ciri pubertas di kelas VI yang mengalami ketidak tuntasan pada hasil belajar kognitif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media PETA DARA dapat meningkatkan keefektivitasan pembelajaran pada materi nilai-nilai keadilan dan ciri- ciri pubertas. Hasil perhitungan menunjukan bahwa Sig Paired Samples Statistics 0,020 dan nilai korelasi 0,377. Sedangkan hasil Paired Samples Test Sig 2-tailed = 0,000. Maka ini menunjukkan bahwa penggunaan media PETA DARA berpengaruh secara signifikan terhadap proses pembelajaran. Kata kunci: media PETA DARA, hasil belajar, kepemimpinan
Copyrights © 2023