Pada pembelajaran digital di sekolah dasar telah banyak berbagai metode teknis yang digunakan seperti dalam upaya meningkatkan motivasi, minat dan pemahaman siswa dalam menerima materi, namun belum ke dalam aspek peningktan keterampilan menulis. Penelitian ini bermaksud untuk membuktikan efektivitas penggunaan media film animasi terhadap peningkatan keterampilan menulis cerita untuk siswa kelas II SDN 2 Sampangan Semarang pada tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Tindakan kelas dengan, sample dalam penelitian ini yaitu kelas 2A, Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh dengan populasi kelas 28 siswa. Instrumen penelitian berupa tes menulis cerita. Validasi dalam penelitian ini menggunakan Expert Judgement. Uji persyaratan analisis yang digunakan yaitu uji Liliefors untuk normalitas dan uji Fisher untuk homogenitas. Data menunjukan bahwa data terdistribusi normal dan data juga bersifat homogen, sedangkan untuk uji hipotesis data menujukan penggunaan media film animasi efektif, sehingga disimpulkan terbukti ada peningkatan keterampilan menulis pada siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2023