Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Kedoya Utara 03 dengan jumlah siswa 25 siswa pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melalui dua siklus. PTK ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA khusunya pada materi zat tunggal dan campuran melalui media pembelajaran ular tangga. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa pada materi zat tunggal dan campuran. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru VB. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi test dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media ular tangga pada materi zat tunggal dan campuran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kedoya Utara 03. Hasil penelitian pada siklus I memiliki ketuntasan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata sebesar 58,24 dan persentase ketuntasan yaitu 56%. Sedangkan untuk hasil observasi pada siklus I, persentase rata-rata aktivitas siswa sebesar 71,25%. Dan Pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu sebesar 88% dan nilai rata-ratanya 75,56. Persentase hasil observasi rata-rata aktivitas siswa pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu sebesar 87,5%.
Copyrights © 2023