Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan penjelasan tentang sebuah proyek yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai Pancasila di SD Al Islam Pengkol Jepara, dengan penekanan khusus pada kearifan lokal. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data terdiri dari kepala sekolah, guru kelas C, dan 98 siswa kelas C. Pengumpulan data dilakukan melalui triangulasi dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Untuk mengembangkan data, pendekatan induktif digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melaksanakan kegiatan P5 melibatkan beberapa tahapan. Tahap pertama mencakup perencanaan kegiatan P5, yang mencakup pembentukan tim fasilitator, menilai kesiapan sekolah, membuat dimensi profil pelajar Pancasila, menentukan tema, alokasi waktu, penyusunan modul proyek, dan strategi pelaporan hasil proyek. Tahap berikutnya adalah pelaksanaan kegiatan P5, yang berfokus pada pengenalan, kontekstualisasi, dan tindakan P5. Semangat gotong royong, kebinekaan global, dan kreativitas adalah dimensi profil pelajar Pancasila yang berhasil dicapai dalam kegiatan P5 dengan tema kearifan lokal. Evaluasi proyek adalah tahap terakhir, yang dilakukan melalui penilaian awal, penilaian formatif selama diskusi, dan penilaian pelaksanaan saat pameran karya.
Copyrights © 2024