Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pembelajaran IPAS materi Sistem Pencernaan Manusia kelas V menggunakan Problem Based Learning (PBL). SDI Al Madina Semarang terlihat siswa kelas V kurang aktif (pasif) dalam proses pembelajaran dimana siswa terlihat kurang tertarik terhadap pembelajaran dan tidak semua antusias ketika pembelajaran berlangsung. Hal tersebut dapat dilihat ketika pembelajaran guru memberikan pertanyaan kepada siswa dan hanya beberapa siswa yang terlihat mengangkat tangan untuk menjawab pertanyaan dari guru. Kemudian peneliti ingin mengetahui penerapan model PBL yang membuat siswa aktif dalam pembelajaran IPAS khususnya materi sistem pencernaan manusia. Selain itu peneliti juga ingin mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kegiatan pembelajaran di kelas V SDI Al Madina semarang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 27 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode: wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasi wawancara dengan guru mengatakan bahwa model pembelajatan Problem Based Learning (PBL) ini dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPAS materi sistem Pencernaan Manusia. Kata kunci : Problem Based Learning, Sistem Pencernaan Manusia, Keaktifan Siswa
Copyrights © 2024