Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 10 No. 1 (2024): Volume 10 No. 01 Maret 2024

ANALISIS PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA MENGGUNAKAN MODEL PBL DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA

Sofiana Nur Afidah (Universitas PGRI Semarang)
Harto Nuroso (Universitas PGRI Semarang)
Windiyati (SD Islam Al Madina Semarang)
Arfilia Wijayanti (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pembelajaran IPAS materi Sistem Pencernaan Manusia kelas V menggunakan Problem Based Learning (PBL). SDI Al Madina Semarang terlihat siswa kelas V kurang aktif (pasif) dalam proses pembelajaran dimana siswa terlihat kurang tertarik terhadap pembelajaran dan tidak semua antusias ketika pembelajaran berlangsung. Hal tersebut dapat dilihat ketika pembelajaran guru memberikan pertanyaan kepada siswa dan hanya beberapa siswa yang terlihat mengangkat tangan untuk menjawab pertanyaan dari guru. Kemudian peneliti ingin mengetahui penerapan model PBL yang membuat siswa aktif dalam pembelajaran IPAS khususnya materi sistem pencernaan manusia. Selain itu peneliti juga ingin mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kegiatan pembelajaran di kelas V SDI Al Madina semarang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 27 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode: wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasi wawancara dengan guru mengatakan bahwa model pembelajatan Problem Based Learning (PBL) ini dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPAS materi sistem Pencernaan Manusia. Kata kunci : Problem Based Learning, Sistem Pencernaan Manusia, Keaktifan Siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...