Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 10 No. 2 (2024): Volume 10 No. 2 Juni 2024 in Press

MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS GAME TGT DI SDN REJOSARI 01 SEMARANG

Nayirotul Khikmah (Universitas PGRI Semarang)
Noor Miyono (Unknown)
Mintyas Budiastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Sekolah dasar yang memanfaatkan pembelajaran bermanfaat tipe TGT (Groups Games and Competitions) sebenarnya terdengar baru. Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui dampak keunggulan peserta didik kelas IV dalam belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi ide pokok ketika memanfaatkan model pembelajaran TGT (Groups Games Competition). Saya memilih menggunakan metode TGT pada materi ini karena menurut saya materi tersebut masih sulit untuk dipahami oleh peserta didik. Populasi dan sampel yang digunakan adalah 27 siswa kelas IV. Strategi eksplorasi yang digunakan adalah observasi dan pertemuan. Dalam mengumpulkan informasi, instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan gerak peserta didik dan minat belajar. Namun dalam penelitian ini, masih terdapat kendala, yakni pengkondisian kelas. Siswa kurang optimal karena besarnya semangat siswa dalam kegiatan game, sehingga iklim kelas kurang efisien. Oleh karena itu, pendidik perlu dengan susah payah mengidentifikasi lingkungan dan memajukan kebutuhan siswa, dan berbakat dalam menata kembali iklim pembelajaran melalui pembelajaran yang inovatif dan imajinatif, serta memberdayakan peserta didik dengan menghadirkan berbagai prosedur, model, pendekatan, teknik dan media pembelajaran yang sesuai. Kata Kunci: Siswa, Team Game Tournament, Minat Belajar. Abstract Elementary schools that utilize useful learning of the TGT (Groups Games and Competitions) type actually sound new. This research is expected to be able to determine the impact of class IV students' excellence in learnin on learning Indonesian on main idea material when utilizing the TGT (Groups Games Competition) learning model. I chose to use the TGT method in this material because I think the material is still difficult for students to understand. The population and sample used were 27 grade IV students. The exploration strategy used is observation and meetings. In collecting information, the instrument used is an observation sheet. The research results show that using the TGT learning model can increase student movement and interest in learning. However, in this research, there are still obstacles, namely classroom conditioning. Students are less than optimal because of the great enthusiasm of students in gaming activities, so the classroom climate is less efficient. Therefore, educators need to painstakingly identify the environment and advance students' needs, and be talented in restructuring the learning climate through innovative and imaginative learning, as well as empowering students by presenting various appropriate procedures, models, approaches, techniques and learning media. Keywords: Students, Teams Game Tournament, Interest in Learning

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...