Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan profil pelajar pancasila dan peran kepala sekolah serta guru di SDN Jati Pulo 05 Pagi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yatu kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru di SDN Jati Pulo 05 Pagi. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaiu reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan profil pelajar pancasila diterapkan di kelas yang menggunakan kurukulum merdeka yaitu kelas 1, 2, 4, dan 5. Dalam penerapan ini tidak luput dari peran kepala sekolah dan guru. Peran kepala sekolahd SDN Jati Pulo 05 Pagi dalam penerapan Profil Pelajar Pancasila salah satunya memberikan pelatihan khusus untuk meingkatkan kompetensi yang dimiliki oleh guru khususnya terkait Kurikulum Merdeka dan Profil Pelajar Pancasila. Peran guru SDN Jati Pulo 05 Pagi dalam penerapan Profil Pelajar Pancasila yaitu menyusun rencana dan strategi yang digunakan dalam penerapan ini, menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh siswa, serta membimbing siswa saat melakukan kegiatan-kegiatan dalam projek ini.
Copyrights © 2024