Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 10 No. 2 (2024): Volume 10 No. 2 Juni 2024 in Press

ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR

Insyirah Meizaluna Ageng Pritami Ageng Pritami (Universitas Negeri Jakarta)
Fahururrozi (Universitas Negeri Jakarta)
Uswatun Hasanah (Universitas Negeri Jakarta)
Petrus Suhendro (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Fenomena masyarakat Indonesia saat ini sebagian besar siswa berada pada jenjang pendidikan dasar yang ternyata masih belum menguasai keterampilan membaca dengan baik dan lancar. Fenomena ini dibuktikan dengan hasil Tes PISA di tahun 2022 kemarin pada kategori membaca yang mengalami penurunan di beberapa tahun terakhir ini. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan permasalahan kesulitan membaca permulaan dari penelitian sebelumnya pada peserta didik kelas rendah sekolah dasar sehingga peneliti bisa menarik kesimpulan dari berbagai penelitian yang diambil sebagai sumber referensi. Penelitian ini memakai metode Systematic Literature Review. Dalam peninjauan literatur ini, beberapa artikel penelitian ditemukan dari Google Scholar periode tahun 2019 hingga 2023. Hasil dari penelitian ini mengidentifikasi 6 artikel yang memenuhi kriteria. Temuan dari studi literatur menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan awal pada anak-anak sekolah dasar tergolong masih rendah. Peneliti meringkas terdapat 3 kategori hambatan. Harapannya, tindak lanjut dari penelitian ini memberikan masukan yang baik bagi para pengajar dalam merancang pembelajaran yang dapat menaikkan tingkat literasi siswa di ranah pendidikan dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...