Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, serta mengetahui pengaruh kecerdasan intelegensi peserta didik terhadap hasil belajar belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kajian literatur. Dalam penelitian ini peneliti melalui beberapa tahap, mulai dari pengumpulan artikel, reduksi artikel, display artikel, pembahasan, dan kesimpulan. Sumber data penelitian berupa artikel dan skripsi yang relevan mengenai pengaruh intelegensi emosional terhadap hasil belajar matematika dalam kurung waktu 2015-2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 11 artikel didapatkan 8 artikel yang sesuai dengan topik judul. Hasil dari penelitian ini bahwa intelegensi emosional dengan hasil belajar matematika di tahun 2015-2024 menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif, yang artinya tingkat intelegensi emosional seseorang dapat memengaruhi hasil belajar matematika. Pengembangan intelegensi emosional yang dimiliki oleh peserta didik sangat diperlukan. Dalam hal ini guru harus bisa melatih dan mengasah kemampuan intelegensi emosional dengan baik.
Copyrights © 2024