Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 10 No. 2 (2024): Volume 10 No. 02 Juni 2024

KAJIAN LITERATUR: PENGARUH INTELEGENSI EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (2015-2024)

Hanifah Aulia Balqis (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ifdathi Zahra Khumairoh (PGSD, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ujang Jamaludin (PGSD, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sigit Setiawan (PGSD, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, serta mengetahui pengaruh kecerdasan intelegensi peserta didik terhadap hasil belajar belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kajian literatur. Dalam penelitian ini peneliti melalui beberapa tahap, mulai dari pengumpulan artikel, reduksi artikel, display artikel, pembahasan, dan kesimpulan. Sumber data penelitian berupa artikel dan skripsi yang relevan mengenai pengaruh intelegensi emosional terhadap hasil belajar matematika dalam kurung waktu 2015-2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 11 artikel didapatkan 8 artikel yang sesuai dengan topik judul. Hasil dari penelitian ini bahwa intelegensi emosional dengan hasil belajar matematika di tahun 2015-2024 menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif, yang artinya tingkat intelegensi emosional seseorang dapat memengaruhi hasil belajar matematika. Pengembangan intelegensi emosional yang dimiliki oleh peserta didik sangat diperlukan. Dalam hal ini guru harus bisa melatih dan mengasah kemampuan intelegensi emosional dengan baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...