Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 10 No. 2 (2024): Volume 10 No. 02 Juni 2024

INTERAKSI SOSIAL SISWA SLOW LEARNER DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF DI SDN KOTA MALANG

Rinda (Universitas Negeri Malang)
Ediyanto (Universitas Negeri Malang)
Umi Safiul Ummah (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi sosial siswa slow learner di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif di SDN Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) mampu bekerja sama: siswa slow learner bekerja sama melaksanakan piket kelas dan meminjamkan alat tulis. Namun karena keterbatasan kognitif, sehingga kurang memberikan kontribusi dalam diskusi kelompok, 2) terbuka dan senang bercanda: siswa slow learner menunjukkan sikap yang terbuka dengan berbagi cerita dan bercanda. Namun, saat mengalami kesulitan siswa slow learner cenderung diam dan meminta bantuan kepada teman sebaya atau orang terdekat daripada guru, 3) senang mencari perhatian: siswa slow learner tampil dihadapan umum atau disuruh maju berbicara ke depan kelas, 4) bergabung dalam kelompok bermain: siswa slow learner bergabung bermain dengan teman-temannya saat jam istirahat dan berkomunikasi secara efektif, 5) mencari persahabatan berdasarkan kesamaan umur dan jenis kelamin: siswa slow learner berkumpul dan bermain bersama siswa satu kelas dan siswa sesama jenis kelamin, 6) menghargai teman: siswa slow learner menghargai teman dengan memberikan ucapan selamat saat teman mendapatkan penghargaan, tidak menyela saat ada temannya berbicara, dan ketika ada temannya berdebat langsung melerainya, 7) berselisih dengan teman: siswa slow learner bertengkar melalui kontak fisik dengan tindakan berpura-pura menggelintir tangan temannya ketika bermain dan perselisihan melalui lisan seperti adu mulut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...