Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kokami terhadap aktivitas belajar siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan angka-angka sebagai data. Metode yang digunakan metode survey, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Sampel dalam penelitian ini adalah keas V B yang terdiri dari 36 siswa. Penelitian ini telah dilakukan pada tanggal 15 September 2023. Penelitian ini menggunakan Uji-t dalam menentukan hipotesis penelitian, berdasarkan perhitungan didapat t hitung sebesar 3,250. Jadi dengan begitu dapat dituliskan 3,250 (thitung) > 2,032 (ttabel). Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa H0 di tolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh positif antara penggunaan media kokami dengan aktivitas belajar siswa. Maka, dalam perubahan pembelajaran dapat menyesuaikan tingkah laku siswa di sekolah dasar. Dengan hal ini, aktivitas belajar siswa sangat mempengaruhi untuk menjadi seseorang yang bisa mengemukakan pendapat terhadap apa saja yang mereka rasa tidak tepat dan menjadi orang yang lebih kritis akan muncul sebuah ide-ide yang mereka anggap penting untuk disampaikan. Aktivitas belajar siswa adalah faktor penting dalam proses pembelajaran. Aktivitas ini mencakup partisipasi aktif yang dilakukan oleh siswa dalam kegiatan belajar-mengajar di dalam kelas. Artinya, siswa harus secara aktif terlibat dalam belajar di kelas sehingga siswa dapat mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya.
Copyrights © 2024