Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas 2 pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning di SD Negeri 2 Padokan. Numerasi merupakan ilmu serta keterampilan guna menganalisa informasi yang disuguhkan dengan bermacam bentuk (tabel, grafik, atau bagan) kemudian memanfaatkan hasil analisa tersebut guna memberikan prediksi maupun menjadi landasan kebijakan maupun penyusunan kesimpulan. Pembelajaran Matematika tidak terlepas dari kegiatan numerasi. Tetapi numerasi berbeda dengan kemampuan tematik meskipun keduanya berdasarkan wawasan serta keterampilan yang serupa namun perbedaan terdapat di pemberdayaaan wawasan serta keterampilan. Munculnya istilah PTK bertujuan untuk membedakan penelitian tindakan dalam bidang lain. Penambahan kata “kelas” juga untuk mengarahkan pada permasalahan yang terdapat di kelas. Pada metode problem based learning para pelajar bisa beraktivitas pada kategori/kelompok kecil serta perlu mengenali hal yang dipahami dengan yang tidak dipahami serta perlu belajar untuk mencari solusi dari sebuah permasalahan. Kedudukan utama dari dosen buat mempermudah aktivitas berkelompok serta belajar, bukan buat sediakan jawaban secara langsung.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024