Penyesuaian diri adalah kemampuan yang dimiliki individu untuk berinteraksi dengan orang lain yang bertujuan untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya, baik secara pribadi ataupun sosial, serta untuk mencapai keharmonisan pada diri sendiri dan pada lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Penyesuaian Diri peserta didik kelas X SMA N 6 Semarang. Populasi pada penelitian ini sebesar 432 dengan sapel sebanyak 180 peserta didik kelas X dengan teknik pengambilan sample menggunakan sample random sampling. Penelitian ini menggunakan metode jenis kuantitatif deskriptif yang akan menghasilkan deskripsi lengkap dari penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penyesuaian Diri peserta didik kelas X SMA N 6 Semarang berada pada kategori tinggi dengan skor 46,1% dengan demikian diharapkan adanya penanganan terhadap masalah tersebut sehingga siswa dapat menyelesaikan masalahnya. Salah satu cara penangan masalahh tersebut adalah dengan memberikan layanan bimbingan dan konseling. Kata Kunci: Penyesuaian Diri, Sekolah Menenggah Atas.
Copyrights © 2024