Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 10 No. 3 (2024): Volume 10 No. 3 September 2024

GAMBARAN PENYESUAIAN DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 6 SEMARANG: penelitian kuantitatif deskriptif

Trianisa Trianisa (Universitas PGRI Semarang)
Heri (Universitas PGRI Semarang)
Ardiatma (SMA N 6 Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penyesuaian diri adalah kemampuan yang dimiliki individu untuk berinteraksi dengan orang lain yang bertujuan untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya, baik secara pribadi ataupun sosial, serta untuk mencapai keharmonisan pada diri sendiri dan pada lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Penyesuaian Diri peserta didik kelas X SMA N 6 Semarang. Populasi pada penelitian ini sebesar 432 dengan sapel sebanyak 180 peserta didik kelas X dengan teknik pengambilan sample menggunakan sample random sampling. Penelitian ini menggunakan metode jenis kuantitatif deskriptif yang akan menghasilkan deskripsi lengkap dari penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penyesuaian Diri peserta didik kelas X SMA N 6 Semarang berada pada kategori tinggi dengan skor 46,1% dengan demikian diharapkan adanya penanganan terhadap masalah tersebut sehingga siswa dapat menyelesaikan masalahnya. Salah satu cara penangan masalahh tersebut adalah dengan memberikan layanan bimbingan dan konseling. Kata Kunci: Penyesuaian Diri, Sekolah Menenggah Atas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...