Motivasi belajar adalah hal yang sangat penting untuk menciptakan hasil belajar yang maksimal. Guru harus bisa memilih metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti penerapan metode pembelajaran luar ruangan (outdoor learning) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPAS di SDN Pedurungan Tengah 01 serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode outdoor learning. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan yaitu triangulation meliputi; lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa motivasi belajar siswa kelas V berhasil meningkat saat guru menerapkan metode pembelajara luar ruangan (outdoor learning) dalam mata pelajaran IPAS, siswa terlihat lebih aktif dan bersemangat saat mengikuti pembelajaran. Mereka juga mengatakan bahwa metode ini tidak membuat mereka merasa cepat bosan karena mereka lebih bebas serta daat mengamati materi yang sedang mereka pelajari secara langsung. Adapun faktor pendukung pada Adapun faktor pendukung yaitu adanya dukungan dari seluruh pihak sekolah, sarana dan prasarana yang mendukung, serta adanya komitmen antara guru dan murid untuk saling membantu dalam pelaksanaan metode pembelajaran luar ruangan (outdoor learning). kemudian faktor penghambatnya yaitu penerapan metode tersebut membutuhkan tenaga ekstra yang harus dimiliki oleh guru karena siswa akan lebih bebas melakukan aktivitas pembelajaran luar ruangan serta waktu yang lebih lama.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024