Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang ditemukan di kelas III SDN Gunung Picung 01 yaitu belum bervariasinya media pembelajaran yang digunakan, sehingga siswa masih cenderung menggunakan media pembelajaran konvesional yang tentu berdampak pada semangat belajar. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis video animasi Doratoon pada kelas III Subtema Teknologi Komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan skor validasi oleh ahli media adalah 82% (kategori sangat layak), ahli bahasa 100% (kategori sangat layak), dan ahli materi 94% (kategori sangat layak). Media pembelajaran digital ini dinilai praktis dan layak digunakan. Respon siswa menunjukkan skor positif dengan presentase 95% dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis animasi Doratoon subtema Perkembangan Teknologi Komunikasi layak digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024