Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 10 No. 3 (2024): Volume 10 No. 3 September 2024

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL SMART BOOK BERBANTUAN APLIKASI CANVA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 06 SITIUNG

Riska Maharani Rehan agustian (universitas Dharmas Indonesia)
Raimon Efendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Maharani, Riska. 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Digital Smart Book Berbantuan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 06 Sitiung”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Dharmas Indonesia. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya ketertarikkan siswa dalam pembelajaran di kelas karena media yang digunakan belum manarik perhatian siswa, sehingga peneliti berupaya mengembangan media pembelajaran yang menarik yaitu media Digital Smart Book pada pembelajaran IPAS kelas IV SDN 06 Sitiung. Pembelajaran yang menggunakan media sangat dibutuhkan untuk me nunjang kegiatan pembelajaran agar tujuan pembelajaran tercapai. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk menghasilkan media Digital Smart Book Berbantuan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 06 Sitiung yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Model yang digunakan yaitu model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: analisis (analyze), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation)Hasil penelitian media Digital Smart Book pada pembelajaran IPAS dilakukan uji validasi terdapat delapan validator, menunjukkan bahwa pengembangan media Digital Smart Book memperoleh rata-rata validasi media 93,3%, validasi bahasa 90%, validasi soal & isi 81,35%, dan validasi kegrafikan 82,1% dengan kategori valid, sehingga dapat disimpulkan bahwa Digital Smart Book ini layak digunakan, uji praktikalitas oleh guru 100% dikategirikan sangat praktis, uji praktikalitas oleh peserta didik 94% dikategorikan sangat praktis artinya media Digital smart book dapat diginakan dengan mudah untuk proses pembelajaran, sedangkat hasil efektivitas media Digital smart book dengan skor 86,2% dikategorikan sangat efektif. Dapat disimpulkan media pembelajaran Digital Smart Book Berbantuan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 06 Sitiung dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: Pengembangan, Digital Smart Book, IPAS

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...