Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan yang semakin relevan dalam konteks pendidikan saat ini, di mana setiap siswa memiliki kebutuhan, minat, dan gaya belajar yang berbeda. Dengan memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih materi dan metode pembelajaran, pembelajaran berdiferensiasi secara langsung berkontribusi pada peningkatan perilaku mandiri mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran berdiferensiasi dan pengaruhnya dalam meningkatkan perilaku mandiri peserta didik. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat mengubah perilaku belajar siswa dari yang awalnya pasif menjadi lebih aktif dan mandiri, serta meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan siswa dalam menentukan cara belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur yang mencakup analisis berbagai sumber dan penelitian sebelumnya mengenai implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan perilaku mandiri peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi secara signifikan meningkatkan perilaku mandiri siswa. Dengan pendekatan ini, siswa diberikan kesempatan untuk memilih, merencanakan, dan menerapkan strategi belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. Selain itu, siswa menunjukkan peningkatan dalam inisiatif, motivasi, dan kemampuan untuk menghadapi tantangan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2024