Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada dengan metode problem based learning dengan media wordwall kelas VI-C di UPT SPF SDN Maccini 2 kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model John Elliot yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI-C UPT SPF SDN Maccini 2 kota Makassar berjumlah 24 orang. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan media wordwall dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan dari pra-siklus hingga siklus II dengan hasil pra siklus hanya 19% peserta didik dengan kategori sangat tinggi dan kategori kurang 31%, hasil siklus I mencapai 38% kategori sangat tinggi dan 8% kategori kurang, hasil siklus II meningkat mencapai 61% kategori sangat tinggi dan 0% kategori kurang.
Copyrights © 2024