Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah serta faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuhnya minat baca siswa di SDN 035 Tarai Bangun. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan kepala sekolah, guru, dan siswa sebagai informan kunci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah telah berjalan cukup baik, ditandai dengan adanya berbagai kegiatan yang melibatkan siswa secara aktif. Namun, minat baca siswa masih bervariasi, dipengaruhi oleh kebiasaan membaca di rumah dan ketersediaan bahan bacaan. Faktor pendukung utama adalah keberadaan perpustakaan yang nyaman dan program literasi yang beragam, sementara kurangnya dukungan orang tua menjadi salah satu penghambat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perlu adanya upaya lebih lanjut untuk meningkatkan minat baca siswa, terutama melalui kerjasama antara sekolah, siswa, dan orang tua.
Copyrights © 2024