Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 10 No. 04 (2024): Volume 10 No. 03 September 2024

PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS II SDN 035 TARAI BANGUN

Rahmayani (Universitas Islam Riau)
Febrina Dafit (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah serta faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuhnya minat baca siswa di SDN 035 Tarai Bangun. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan kepala sekolah, guru, dan siswa sebagai informan kunci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah telah berjalan cukup baik, ditandai dengan adanya berbagai kegiatan yang melibatkan siswa secara aktif. Namun, minat baca siswa masih bervariasi, dipengaruhi oleh kebiasaan membaca di rumah dan ketersediaan bahan bacaan. Faktor pendukung utama adalah keberadaan perpustakaan yang nyaman dan program literasi yang beragam, sementara kurangnya dukungan orang tua menjadi salah satu penghambat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perlu adanya upaya lebih lanjut untuk meningkatkan minat baca siswa, terutama melalui kerjasama antara sekolah, siswa, dan orang tua.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...