Rendahnya minat dan kemampuan numerasi siswa SD Inpres Pangkabinanga disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang interaktif. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam kegiatan numerasi melalui pemanfaatan media pembelajaran Smart Box. Metode yang diterapkan meliputi wawancara dengan guru untuk memahami kendala dalam proses belajar mengajar, observasi langsung di kelas guna mengidentifikasi masalah secara mendalam, serta pemberian angket kepada siswa untuk mengukur minat belajar setelah implementasi media Smart Box. Kegiatan ini melibatkan dosen, lima mahasiswa PPG Prajabatan, dan 28 siswa kelas 5. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa sebesar 86%, serta 82% siswa menyatakan lebih mudah memahami konsep matematika. Selain itu, peningkatan softskill terlihat dengan 71% siswa merasa lebih aktif dalam berpartisipasi selama pembelajaran. Dengan demikian, media pembelajaran Smart Box terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap matematika.
Copyrights © 2024