Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 10 No. 04 (2024): Volume 10 No. 04 Desember 2024 In Press

PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES PILIHAN GANDA BERBASIS HOTS MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ DAN QR-CODE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN

Billa, Salsa (Unknown)
Ratih Purnamasari (Unknown)
Yudhie Suchyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai kelayakan dan pengembangan instrumen tes pilihan ganda berbasis HOTS menggunakan aplikasi Quizizz dan QR-Code pada materi pecahan di SDN Kukupu 3 Bogor. Penelitian menggunakan model 4-D (Define, Design, Development, Dissemination) dengan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Validasi oleh ahli media (94%) dan ahli materi (97%) menunjukkan instrumen sangat layak. Uji validasi empiris menunjukkan 30 soal valid dan 10 soal dapat diterima, dengan koefisien reliabilitas 0,980, yang mengindikasikan reliabilitas tinggi. Dalam analisis tingkat kesukaran, terdapat 0 soal sangat sulit, 10 soal sedang, dan 30 soal mudah. Daya pembeda soal menunjukkan 20 soal baik, 13 soal diterima, 5 soal perlu diperbaiki, dan 2 soal ditolak. Uji coba pada 27 peserta didik kelas V-A menunjukkan 89% siswa memenuhi nilai KKM. Angket respon siswa menunjukkan 98% dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa instrumen tes berbasis HOTS menggunakan Quizizz dan QR-Code sangat layak digunakan pada materi pecahan di kelas V SD. Kata kunci: Instrumen tes, Matematika, Keterampilan tingkat tingggi HOTS

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...