Penelitian ini bertujuan untuk menilai kelayakan dan pengembangan instrumen tes pilihan ganda berbasis HOTS menggunakan aplikasi Quizizz dan QR-Code pada materi pecahan di SDN Kukupu 3 Bogor. Penelitian menggunakan model 4-D (Define, Design, Development, Dissemination) dengan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Validasi oleh ahli media (94%) dan ahli materi (97%) menunjukkan instrumen sangat layak. Uji validasi empiris menunjukkan 30 soal valid dan 10 soal dapat diterima, dengan koefisien reliabilitas 0,980, yang mengindikasikan reliabilitas tinggi. Dalam analisis tingkat kesukaran, terdapat 0 soal sangat sulit, 10 soal sedang, dan 30 soal mudah. Daya pembeda soal menunjukkan 20 soal baik, 13 soal diterima, 5 soal perlu diperbaiki, dan 2 soal ditolak. Uji coba pada 27 peserta didik kelas V-A menunjukkan 89% siswa memenuhi nilai KKM. Angket respon siswa menunjukkan 98% dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa instrumen tes berbasis HOTS menggunakan Quizizz dan QR-Code sangat layak digunakan pada materi pecahan di kelas V SD. Kata kunci: Instrumen tes, Matematika, Keterampilan tingkat tingggi HOTS
Copyrights © 2024