Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar etnomatika untuk meningkatkan hasil belajar matematika, serta mengevaluasi tanggapan peserta didik dan kelayakannya. Bahan ajar meruapakam sumber belajar yang digunakan guru dalam pembelajaran terumata pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D)dengan model ADDIE, namun hanya limatahap yang diterapkan: Analisis, DesainPengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini meliputi ahli bahan ajar, ahli materi, dan siswa MIS Al-Husna Marindal 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melibatkan observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan mendapat skor validasi sebesar 92,22% dari ahli bahan ajar, dengan kategori "Sangat Layak". Skor validasi dari ahli materi sebesar 88,6%, dengan kategori "Sangat Layak". Berdasarkan angket respon siswa terhadap bahan ajar yang persentasenya mencapai 88,12%, dengan kategori “Praktis.” Selain itu, hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan bahan ajar berbasis etnomatematika,dengan persentase sebesar 68,58%, dengan kategori “Efektif” selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis etnomatematika dinilai efektif, praktis dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pada mata pelajaran Ekonomi Spasial kelas V di MIS Al-Husna Marindal I
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024