Arus Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 4 No 3: Desember (2024)

Penerapan Inovasi Pelayanan Publik Di Puskesmas Pomalaa Kabupaten Kolaka

Yudi Agusman (Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Chetrine Natasya (Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Isra Djabbar (Universitas Sembilanbelas November Kolaka)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan inovasi pelayanan publik di Puskesmas Pomalaa, Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini didasarkan pada lima atribut inovasi, yaitu keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemampuan uji coba, dan kemudahan diamati. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan publik dalam proses pendaftaran pasien melalui Aplikasi Puskesmas Pomalaa telah berjalan dengan cukup berhasil. Namun, dari lima indikator yang digunakan, dua di antaranya, yaitu kerumitan dan kemampuan uji coba, masih belum maksimal. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun inovasi tersebut memberikan keuntungan relatif, sesuai dengan kebutuhan, dan mudah diamati, namun terdapat kendala dalam kompleksitas penggunaan aplikasi dan keterbatasan dalam pengujian yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan efektivitas pelayanan publik di Puskesmas Pomalaa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ajsh

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Arus Jurnal Sosial dan Humaniora (AJSH) menerbitkan karya hasil penelitian dan kajian ilmiah pada ruang lingkup ilmu sosial dan ilmu humaniora diantaranya: antropologi, kajian bisnis, kajian komunikasi, tata kelola perusahaan, kriminologi, kajian lintas budaya, demografi, kajian ekonomi pembangunan, ...